Klo Berani, Coba Klik Iklan Berikut Ini !

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
Fireman M45t3r. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Popular Posts

LARUTAN ASAM BASA




Home - Kimia - Asam Basa
          A.      KONSEP ASAM BASA
      Asam dan Basa adalah kelompok senyawa kimia yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.  Secara umum, segala zat-zat yang berasa masam, mengandung sifat asam, misalnya jeruk, mangga, cuka sedangkan zat-zat yang licin serta terasa pahit, mengandung sifat basa, misalnya sabun.
          Konsep Asam Basa terbagi menjadi 3, berdasarkan kajian atau objek yang mempengaruhi yaitu Konsep Asam Basa Arrhenius (Air), Bronsted-Lowry (Proton) dan Lewis (Elektron).
1.      Konsep Asam Basa Arrhenius.
           Konsep ini dikemukakan pertama kali oleh Svante Arrhenius (1887). Menurutnya, suatu zat dikelompokkan sebagai asam jika zat tersebut dilarutkan dalam air (H2O) menghasilkan ion Hidronium (H+). Sedangkan suatu zat dikelompokkan sebagai Basa, jika zat tersebut dilarutkan dalam air (H2O) menghasilkan ion OH-.
                        Contoh :
Asam        : HCl  à  H+ + Cl-    
                    H2SO4   à  2H+  +  SO42-
Basa         : NaOH  à  Na+ + OH-
                   Ca(OH)2  à   Ca2+   +  2OH-

2.      Konsep Asam Basa Bronsted-Lowry
            Konsep ini dikemukakan oleh Johannes Nicolaus Bronsted dan Thomas Martin Lowry pada tahun 1923. Asam adalah pendonor proton (H+) sedangkan Basa adalah akseptor proton (H+).
Contoh : 
Reaksi antara HCl dengan NH3 membentuk NH4+ dan Cl-

           Berdasarkan rekasi di atas, terlihat bahwa HCl mendonorkan protonnya kepada NH3 untuk membentuk NH4+. Reaksi sebaliknya, NH4+ mendonorkan protonnya kepada Cl- sehingga terbentuk kembali HCl dan NH3. Karena HCl sebagai pendonor proton, maka HCl tergolong Asam, sebaliknya karena NH3 diberikan proton oleh HCL, maka NH3 tergolong Basa.
Tips Jitu !
Asam lebih banyak protonnya daripada Basa.

3.      Konsep Asam Basa Lewis
Konsep ini dikemukakan oleh G.N Lewis pada tahun 1923. Konsep ini didasari oleh serah terima elektron. Menurutnya, Asam adalah aseptor pasangan elektron sedangkan Basa adalah donor pasangan elektron.
Contoh :

Reaksi antara F- dengan BF3 membentuk BF4-
Pada reaksi di atas, BF3 bertindak sebagai asam sebab menerima pasangan elektron dari ion F-. Sebaliknya, ion F- bertindak sebagai Basa karena memberikan pasangan elektron kepada BF3.

Mari hidup BERKARYA!!


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Asam Basa / Kimia / Mata Pelajaran dengan judul LARUTAN ASAM BASA. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kangfirmans.blogspot.com/2013/02/larutan-asam-basa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Friday, February 15, 2013

Belum ada komentar untuk "LARUTAN ASAM BASA"

Post a Comment