Klo Berani, Coba Klik Iklan Berikut Ini !

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
Fireman M45t3r. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Popular Posts

Kekuatan Asam dan Basa

Asam Kuat dan Basa Kuat
          Asam atau basa yang sebagian besar atau seluruhnya dapat terurai (terionisasi) menjadi ion-ionnya disebut asam kuat dan basa kuat. Asam kuat dan basa kuat memiliki besaran derajat ionisasi (banyak atau sedikitnya molekul zat terionisasi) sama dengan 1 (satu)  atau mendekati 1(satu).
          Beberapa contoh asam kuat dan basa kuat terdapat di sekitar kita, diantaranya Asam Klorida (HCl) dan Natrium Hidroksida (NaOH). Keduanya merupakan asam dan basa kuat karena terionisasi seluruhnya menjadi ion.



 


Tabel 1: Contoh Asam Kuat dan Basa Kuat









2. Asam Lemah dan Basa Lemah
          Jika hanya sebagian kecil saja dari molekul-molekul senyawa asam basa yang terionisasi (terurai), maka asam basa tersebut digolongkan kedalam asam lemah dan basa lemah. Asam lemah dan basa lemah memiliki derajat ionisasi mendekati 0 (nol).
Tabel 2 : Contoh Asam Lemah dan Basa Lemah
         








         Oleh karena asam lemah hanya sebagian kecil saja yang terionisasi maka terjadi kesetimbangan reaksi antara ion yang dihasilkan asam tersebut dengan molekul senyawanya. Demikian juga halnya yang terjadi pada basa lemah. Hal inilah yang menyebabkan asam lemah dan basa lemah memiliki nilai Tetapan Kesetimbangan Asam (Ka) dan Tetapan Kesetimbangan Basa (Kb).  Tetapan  kesetimbangan ini berbeda untuk tiap senyawa asam dan basa. 
Contoh : 
Asam Asetat (CH3COOH) memiliki Ka sebesar 1,8 x 10-5
Asam Sianida (HCN) memiliki Ka sebesar 4,9 x 10-10
Amonia (NH3) memiliki Kb sebesar 1,8 x 10-5
Hidroksilamin (NH2OH) memiliki Kb sebesar 1,1 x 10-8

Sumber :
Retnowati, Priscilla. 2007. Seribu Pena KIMIA untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta. Erlangga

Mari Hidup BERKARYA!!!
By : kangfirmans.blogspot.com

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Asam Basa / Kimia dengan judul Kekuatan Asam dan Basa. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kangfirmans.blogspot.com/2013/07/kekuatan-asam-dan-basa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Thursday, July 11, 2013

Belum ada komentar untuk "Kekuatan Asam dan Basa"

Post a Comment